Ular Tangga Sejarah

We are Homo Ludens. We are those who play. –  Hideo Kojima

Sebuah permainan simpel, saya mengambil dan memodifikasi permainan yang sudah ada sejak lama, ular tangga. Saya memodifikasi ular tangga, men-twistnya sedikit, menambahkan aturan, dan menambahkan beberapa hal.

Saya percaya, permainan dapat digunakan untuk kemaslahatan hidup orang banyak, salah satunya pendidikan, dari permainan ini, saya harap saya dapat menjadikan pembelajaran sejarah, yang seringkali dicap membosankan, dapat menjadi menyenangkan.

Yah, memang desainnya buruk, saya hanya menggunakan Ms. Word untuk membuat papan permainannya. Maaf, saya tidak memiliki keahlian dalam mengolah software-software desain grafis.

Selamat bermain.!

ULAR TANGGA SEJARAH

  1. DESKRIPSI PERMAINAN

Ular Tangga Sejarah adalah permainan yang didesain oleh saya untuk para pelajar agar dapat belajar sejarah dalam bentuk permainan yang mudah dan mengasyikkan. Prinsip bermainnya lebih kurangnya sama dengan permainan ular tangga tradisional, bedanya disini ditambahkan satu kotak naik-turun, yang ditandai dengan warna kuning.

Terdapat tiga empat kotak di dalam permainan ini, kotak putih polos, kotak berwarna merah, kuning, dan hijau. Masing-masing kotak, kecuali kotak berwarna putih, diberikan simbol penanda.

  1. Huruf X untuk kotak berwarna merah. Memiliki aturan yang sama seperti ular yang ada di dalam permainan ular tangga.
  2. Simbol tanda seru (!) untuk kotak berwarna hijau. Memiliki aturan yang sama seperti tangga yang ada dalam permainan ular tangga.
  3. Simbol tanda tanya (?) untuk kotak berwarna kuning. Kotak ini menggabungkan fungsi ular dan tangga di dalam permainan ular tangga tradisional.

 

  1. PERSIAPAN DAN PERATURAN PERMAINAN
  • Persiapan Bermain :
  1. Permainan terdiri dari 2-5 orang per individu atau kelompok dan 1 orang Gamemaster (GM)
  2. Masing-masing pemain akan diberikan bidak yang mewakilkan mereka di dalam papan permainan. Serta diberikan dadu oleh GM untuk pemain menggerakkan bidaknya.
  3. Sebelum bermain, GM mengocok kartu yang tertumpuk di dalam dek yang ditandai dengan warna.
  4. Masing-masing pemain akan diberikan 3 buah token yang berfungsi sebagai nyawa pemain, jika ketiga token tersebut habis sebelum salah satu pemain dinyatakan sebagai pemenang, makan pemain tersebut dinyatakan gugur dan bidaknya dikeluarkan dari papan permainan.
  5. Gamemaster akan memegang 3 dek kartu berwarna merah, kuning, dan hijau, yang berisi pertanyaan dan pernyataan yang akan dijawab oleh para pemain.
  6. Gamemaster akan mengawasi jalannya permainan dan berhak mengeluarkan pemain yang berlaku curang di dalam permainan ular tangga sejarah.
  7. Permainan juga dapat dilakukan secara berkelompok, satu bidak dapat mewakili 3-4 orang dalam suatu kelompok. Tetapi, satu kelompok hanya memiliki 2 (dua) token atau nyawa.

 

  • Peraturan Bermain.
  1. Pemain akan meletakkan bidak masing-masing pemain di dalam kotak pertama.
  2. Pemain menjalankan bidaknya sesuai dadu yang telah dilemparkan oleh pemain.
  3. Terdapat kondisi khusus yang harus dilakukan oleh pemain dan gamemaster jika salah satu bidak pemain mendarat di kotak yang berwarna hijau, merah, atau kuning.
  4. Jika bidak salah satu pemain mendarat di dalam kotak yang berwarna, Gamemaster harus mengambil kartu dari dek yang sudah tersedia, sesuai dengan warna kotak dimana pemain mendarat :
    1. Jika pemain mendarat di kotak warna merah, maka GM mengambil kartu paling atas dari tumpukan dek berwarna merah, dan membacakan isinya kepada pemain. Jika pemain gagal menjawabnya, pemain akan diturunkan ke kotak yang lebih kecil, sesuai arah panah di dalam kotak, serta nyawa yang sudah diberikan, dikurangi 1 poin. Jika pemain benar menjawabnya, maka pemain bisa tetap tinggal di dalam kotak tersebut tanpa mendapatkan penalti.
    2. Jika pemain mendarat di kotak warna kuning, maka GM mengambil kartu paling atas dari tumpukan dek berwarna kuning, dan membacakan isinya kepada pemain. Jika pemain gagal menjawabnya, makan pemain akan diturunkan ke kotak yang lebih rendah. Serta nyawa yang sudah diberikan, dikurangi 1 poin. Jika pemain tepat dalam menjawabnya, maka pemain akan dinaikkan ke kotak yang lebih tinggi. Jika pemain mendarat di kotak yang lebih tinggi dari dua kotak yang berhubungan, pertanyaan tetap diberikan, dan aturan naik-turun tetap diberlakukan.
    3. Jika pemain mendarat di kotak warna hijau, maka GM mengambil kartu paling atas dari tumpukan dek berwarna hijau, dan membacakan isinya kepada pemain. Jika pemain benar menjawabnya, maka pemain menaikkan bidaknya ke dalam kotak yang lebih tinggi. Jika gagal, bidaknya tetap di kotak tersebut, tanpa ada pengurangan poin sama sekali.
  5. Ketika GM mengambil kartu dan membacakan isinya kepada pemain, pemain memiliki waktu selama 10 detik untuk menjawabnya, terhitung dari selesainya GM membacakan isi kartu.
  6. Terkhusus kartu warna merah, GM memberikan waktu 30 detik untuk pemain menjawabnya, terhitung dari selesainya GM membacakan isi kartu.
  7. Jika dilaksanakan dalam kelompok, maka GM memberika waktu selama 30 (tiga puluh) detik untuk para pemain berdiskusi terlebih dahulu.
  8. Dalam menentukan benar atau salahnya pemain, GM memiliki catatan yang berisi jawaban pertanyaan yang diajukan kepada pemain.
  9. Kartu pertanyaan yang sudah keluar dari dek, akan dimasukkan kembali ke dalam dek oleh GM dan dikocok ulang kartu tersebut.
  10. Jika pemain kehilangan 3 (tiga) atau 2 (dua) nyawa, maka pemain / kelompok dinyatakan gugur.
  11. Ada 2 (dua) kondisi permainan selesai :
    1. Jika salah satu pemain dapat mencapai garis finish terlebih dahulu.
    2. Jika hanya tersisa satu pemain / kelompok yang masih memiliki sisa token / nyawa secara utuh

Untuk file papan permainan dan contoh dek berwarna dan pertanyaan dapat diunduh disini

Selamat bermain!

TIDAK UNTUK DIPERJUALBELIKAN!
SILAHKAN DIMODIFIKASI SESUAI KEBUTUHAN ANDA, TETAPI TOLONG JANGAN DIPERJUALBELIKAN!

UPDATE

Menambahkan beberapa hal. File papan, peraturan, serta contoh kartu pertanyaan serta jawaban dapat diunduh di tautan berikut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s